Jul
01

PENTING! BACA DULU

00 Syaban 1432H ==> Si Pincang ==>

 
 
Sebelum saudara mengikuti apa-apa yang ada di maulhayat.COM, ada yag perlu diperhatikan.
Apa-apa yang dimuat di sini, jangan tergesa-gesa ditelan mentah-mentah, tapi jangan juga tergesa-gesa ditolak mentah-mentah.
 
Apa Sebab?
  1. Sebab dari yang ada didalam yang kami sampaikan. 
    Ya kalau yang kami sampaikan benar, kalau salah; nanti saudara termasuk orang yang menelan kesalahan.
    Sebaliknya, ya kalau salah, kalau benar; berarti saudara termasuk orang yang menolak kebenaran
  1. Sebab dari yang ada pada diri saudara-saudara sendiri.
    Yaitu pertimbangan akal sehat. Akal berfungsi untuk menimbang baik-buruk, benar-salah, layak-patut dsb, jadi ditimbang dulu.
Meskipun begitu kalau menimbang juga dipengaruhi oleh rasa. Rasa hati berpengaruh pada senang dan benci. Jika akal saudara condong pada saya, tentu saja akan ditelan saja karena senang. Jika saudara benci pada saya, apa yang kami sampaikan pasti ditolak.
 
Sebagian besar dari tulisan kami di MAULHAYAT.COM bersumber dari catatan kami pribadi. Kami mengikuti pengajian/pelajaran (lebih dari 20 tahun), kami catat. Tentu saja catatan kami menumpuk, belum lagi rekaman audio/video pengajian yang sangat banyak. Dari catatan kami yang sangat banyak itu sedikit demi sedikit kami bagi pada saudara di sini. Semua tulisan yang kami muat disini, Insya Alloh kami pahami, meskipun tidak 100% ( kami hanya murid awam). Masih buanyak catatan yang belum bisa kami pahami, atau tergolong ranah KHUSUS, yang demikian itu tidak kami bagi dulu.
 
Sekarang tulisan kami yang kami maksud diatas, sebagian besar kami hapus, atau batal kami muat. Kami, dengan mengharap ridho Alloh, ridho Guru kami, akan berusaha semampu kami mengisi MAULHAYAT.COM dengan tulisan yang bersumber dari luar thoriqoh kami. Mohon dimaklumi !!
 
Ini moqodimmah yang perlu kami sampaikan. Apa latar belakan muqodimmah ini perlu kami sampaikan?
Karena yang kami muat di MAULHAYAT.COM sering kali banyak perbedaan dengan pendapat umum, tapi bukan pertentangan.
 
Jika pertentangan bisa menimbulkan konflik dan dendam, tapi jika perbedaan bisa harmonis, seperti bhinneka tunggal ika.
Jadi banyak perbedaan tapi bukan pertentangan.
 
Saya tidak akan minta saudara menerima apa yang kami sampaikan di MAULHAYAT.COM. bisa saja kita sama-sama mendengarkan pengajian di waktu yang sama, tapi hasil pemahaman kita berbeda. Jadi diterima syukur, ditolak juga tidak masalah.
 
Kalau memang benar yang kami sampaikan, itu semata-mata pertolongan dari Alloh semata. Kalau yang kami sampaikan tidak benar, itu memang kami yang bodoh dan lemah.
 
Selamat mengikuti !!
 
***
Cuplikan dari SYI'IR TANPO WATHON
 
 
Duh bolo konco priyo wanito
Ojo mong ngaji Syare'at bloko
Gur pinter ndongeng, nulis lan moco
Tembe mburine bakal sengsoro
 
Wahai saudara teman pria wanita
Jangan hanya mengaji Syare’at saja
Hanya pandai mendongeng, menulis dan membaca
Dikemudian hari akan sengsara

 


52 comments

52 Responses to “PENTING! BACA DULU”

  1. ebes9999

    Sebelumnya kan pakai rekaman suara kyai??

    akusnanto Menanggapi:

    K

  2. Si Pincang

    Kalau suara, bagi pengguna HP tidak bisa dengerin. Jadi ya di ketik saja.

  3. ali

    mau nanya ,,isi materi dalam jalan pincang.com ini ,kok campur2 ya ??? ada yg dari pak kyai dan ada yg bukan….???knapa campur2 bos…??entar kalau yg ngeliat salah faham gimana??? di kiranya semua isi materinya berasal dari pak kyai ..monggo di jawab..

  4. Si Pincang

    @ali: he he.. yang ngisi kan banyak. yang baca juga banyak. gak semua sama gurunya..

    Kalau saya ( Si Pincang ) kebetulan murid aktif, catatan lumayang buayakkk sejak tahun 1994.. dari pada ditimbun,mending di bagi-bagi, siapa tahu manfaat bagi generasi baru. tapi pandangan sangat netral, gak fanatik.

    Untuk si Bisu.. murid aktif tapi baru, Si Buta.. murid tapi kurang aktif, kalau togog kayaknya bukan seguru dengan saya. ada lagi yang lain kurang tahu.

    Mereka rata-rata sudah sibuk mengelola dapurnya sendiri.. ada dirrga.com, mitradamai.com, sammediastudio.com, ikhwan1.co.cc, febryan.com.. nah saya kebetulan lebih senang di dapur ini. sesekali mereka nimbrung di sini.

    Oh ya yang mengelola, pemiliknya. murid tapi netral. menerima siapa saja.

    mau ikut nimbrung, boleh koq, ijin admin saja. email ke maulhayat@gmail.com

  5. ali

    ooo gtu ya..aku sebenernya ingin mendalami hakikat gak separuh separuh..biat tuntas hakikat2 yg di ajarkan pak kyai…pengajian nya kan sepotong2 ,kalau waktunya berhalangan kan jdi gak tuntas…bisa di kirimi materi ke email gak iya, tpi yg khusus sul khusus..hehhhehhehe.. btw masalah reingkarnasi , di pengajian pk kyai di ajarkan ya??? kok aku baru liat di web ini…monggo di jawab..

  6. Si Pincang

    Untuk yang gak sepotong-sepotong, bisa beli buku saja. kunjungi ikhwan1.co.cc . tidak sangat mendalam , dari pengajian-pengajian bapak kyai. kalau yang mendalam yo ikut pelajaran khusus saja.

    Masalah reinkarnasi lagi… secara sederhana beli buku judulnya TAUHID SUNAN BONANG kalau gak salah. intinya seperti falsafah wayang. dari kotak – layar – kotak lagi – layar lagi begitu seterusnya jutaan kali.. cerita berubah-ubah ( di layar) terserah dalangnya.. kayak sinetron.

    Tapi perlu di ingat istilahnya bukan "REINKARNASI" tapi konsepnya hampir sama.

  7. wawansetan

    Menarik untuk disimak, dipelajari tentu bukan untuk kalangan pemula… heeemmmm salut buat admin-nya…

  8. Andrian

    semua menarik….
    bisa nambah ilmu….

  9. Agus

    Tulisan-tulisannya sangat menarik …
    Benar … kita memang harus membuka hati dan pikiran … juga harus cukup cerdas untuk bisa memahami.
    "Dan perumpamaan-perumpamaan ini kami buat untuk manusia; dan tiada yang memahaminya kecuali orang-orang berilmu." QS. 29:43

  10. Bambs

    waduuhh, mau register kok susah ya teman-teman? :(

  11. ferrys

    admin mau tanya kalau mau baca artikel tertentu harus isi password dulu,padahal saya sudah login pa…mohon bantuannya

    Si Pincang Menanggapi:

    Yang di password hanya beberapa. biasanya di akhir tulisan di kasih gambaran isinya. Kalau untuk kategori "INTERN" sementara di protect dulu, agak sensitif. Isinya lebih ke arah amalan/penerapan.

    Sabar dulu. Kalau sudah siap, kami buka juga. Rapat dulu.. he he..

  12. hadi

    siiiip banget …..penuh makna

  13. kesrimpetterus

    Kang Pincang, njenengan tarekat-e nopo?

  14. adama

    Derek ngangsu kaweruh kang mas,,,
    Dan ijin copi paste,mugi tulisan panjenengan bermanfaat untuk umat,amin..

    Si Pincang Menanggapi:

    Silakan, semoga manfaat ..

  15. sun sudarsono

    minta artikel amalan tentang amalan tobib ruhani 7 dan 40 hari mas siapa tau yang saya amalkan salah / ada yang kurang

  16. toto ahmad

    Bagus banyak hal yg perlu kita kaji sebagai manusia hidup..antara yg gelap dan yg terang..antara yg tersirat dan tersurat (ijinkan masuk mathur tangkyou

  17. Giyanto

    Saudaraku… alhamdulillah sy sdh baiat lwt Kholifah Pak Abd. Malik, sy ingin memperdalam pemahaman krn jarak jd agak trhambat, jln lain sy ingin beli buku, tp KTM sy belum diurus, apakah panjenengan bs bantu?

    Si Pincang Menanggapi:

    Kebetulan kami tidak menangani urusan buku. Tapi sebagian besar isi web ini tidak jauh dari buku-buku beliau, karena kami-pun sebagian besar mengambil sumber dari buku-buku beliau.

  18. Kusbudi

    ikut menimba ilmu
    mohon izin copas,untuk lebih mudah meresapi dan memperdalam pemahaman .trim’s

    Si Pincang Menanggapi:

    Silakan, semoga manfaat

  19. toni susanto

    siiip karna q ingin slalu minum yang lebih segar lg .ijin mengikuti air hidup

  20. almaliki

    izin copas , subhanalloh sangat bermanfaat..
    salam dari kami TQN

  21. achmat

    Nderek ngangsu ilmu Gus….! moga manfaat dunia akherat… Amin. ALLOHUMMA SHOLLI ‘ALA MUHAMMAD…

  22. Tabib Masrukhi

    membaca muqodimmah
    - keputusan benar salah , mengikuti apa tidak terserah pembaca. padahal anda menulis sesuatu yang di anggap benar. kebenaran yang HAQ kah ? karena itu sebaiknya tulisan di sertai sumbernya. sehingga andapun tidak ber dosa jika tulisan itu salah. apalagi anda saja anda termasuk orang munafik atau kafir. sebab kristenisasi berbagai cara di arahkan untuk muslim.
    maaf dan terimakasih

  23. Tabib Masrukhi

    ralat :

    membaca MUQODIMMAH maulhayat.com
    - keputusan benar salah , mengikuti apa tidak terserah pembaca. padahal anda menulis sesuatu yang di anggap benar. kebenaran yang HAQ kah ? karena itu sebaiknya tulisan di sertai SUMBERnya. sehingga andapun tidak ber dosa jika tulisan itu salah. apalagi SEANDAI nya anda termasuk orang munafik atau kafir.
    jadi tolong sertakan sumbernya setiap saudara menulis blog. OK blog anda tampilannya sudah sangat bagus. saya suka.
    maaf dan terimakasih

    Si Pincang Menanggapi:

    Sudah sering kami sampaikan, sumbernya dari catatan kami sendiri. Kami mengikuti pengajian/pelajaran (lebih dari 20 tahun), kami catat. dari catatan kami yang menumpuk itu kami tulis untuk kami bagi pada saudara disini.

    Jika TIDAK kami sertakan sumbernya, berarti murni dari sebatas pengetahuan/pemahaman kami. Bisa saja pemahaman kami berbeda dengan murid lain yang seguru. Jadi terserah, di analisa sendiri, percaya silakan tidak yo monggo. Kebenaran sejati hanya pada Alloh SWT. Ilmu kami hanya setitik debu, dibanding lautan.

    Kalau diluar kemampuan kami, misalnya kami tidak memperoleh pelajaran tsb, dan hanya COPAS, pasti kami sertakan sumbernya.

    Makanya bagi yang ingin COPAS tulisan dari blog kami, kami persilakan, meskipun tanpa menyertakan sumbernya, asal pemahaman ditanggung sendiri.

  24. M.Suharto

    Web ini bagus ……banyak faedahnya.

  25. al-fakir

    biidznillah semoga apa yang saya cari dapat ditemui disini untuk mengupas sejatine diri untuk mengungkap rasahia Illahi yang ada di diri masing-masing manusia.

    wassalam

  26. aguspcp

    Terima kasih sobat, kumpulan tulisan ini sangat bermanfaat sebagai tambahan cermin, agar jiwa ini patut sebelum bertemu dengan Al Haq

  27. Arin Hartono

    subhanalloh..trimakasih kang nderek ngangsuh disini semoga tambah luas samudra qalbuku…ilmu khikmah memang luar biasa….

  28. andi surya

    alhamdulillah..assalamu”alaikum..si pincang saudaraku yg sudah dahulu berjalan..semoga allah ridho alfatiha 1x buat si pincang dari saya yg juga pincang kaki sebelah kanan ini :)

  29. awank

    boleh minta lagu syi’ir tanpo wathon lengkap g mas pincang?

  30. tyangsebrang

    Asalamualaikum Ki. Derek ngangsu kweruh. Semoga tulisan tulisan di blok ini dapat menjadi ilmu yang manfaat buat saya dan keluarga.

  31. Jhen ajie

    assallamualaikum..video taubat brsama tgl 13 nov 13..lom ad yaa min..

  32. imamasad

    Jazakalloh admin : maulhayat.com. Ane belum pernah masuk dan mengkaji secara hakikat ajaran Islam, selama ini belajar dari ustadz syari’at yang mengajarkan pada ilmu kajian tafsir versi ustadz tanpa rujukan ulama mutafasir, sehingga hati ini kering butuh air embun yang jatuh di hati sanubari hamba yang ingin dicintai Allah ta’ala. Syukron…….

  33. cahjapan

    assalamualaikum… admin ma’ul hayat, saya yang miskin ilmu minta izin belajar.. barakallah atas tulisan tulisannya.. mohon bimbinganya.. syukron..

  34. Tabib Masrukhi

    Assalamu`alaikum
    Belajar untuk tingkat hakekat – makrifat
    di perlukan bimbingan seorang mursyid. tanpa seorang mursyid sangat di khawatirkan akan tergelincir/ tersesat.
    Akan sangat membantu bila empunya blog ini menyertakan daftar nama nama mursyid. terimakasih

    Si Pincang Menanggapi:

    Di setiap pesantren yang mengajarkan Thoriqoh pasti ada Mursyidnya. Carilah yang demikian. Jangan mengikuti yang Mursyidnya sudah meninggal (tinggal wakilnya). Karena mustahil bisa sampai.

  35. dian

    Alhamdulilah,,, bnxk plajaran yg bs q ambil dr web ini. Bener 2 bkn untk pemula. Trimakasih bnxkk mas. 1 0

  36. mhdamien

    Alhamdulillah…, semoga menjadi salah satu jalan pembimbing untuk bisa lebih mengenal dan mendekat dan mencintaiNya. Mohon izin copas dari tulisan tulisan yang ada di web ini. Jaza’akumullaaha khoiron katsiiron.

  37. umar_said10

    Assalamualaikum Wr. wb
    pak admin,.mohon ijin ikut nimbrung, ikut menyimak,mudah mudahan manfaat

  38. Saifudin Ahmad

    Bagus sekali ini Web…
    Mohon materi-materinya selalu diperbarui.

    Si Pincang Menanggapi:

    Maunya begitu, Semoga selalu diberi kekuatan. Insya Alloh

  39. ahmad suwito

    Bgi kmi MAUL HAYAT ini
    Sangat bermanfaat sekli bgi kami yg jauh dri ploso sebagai siraman Rohani..jika lebih banyak video yg bisa kmi ambil.disambing kmi bisa belajar juga jdi obat rindu kmi pda Guru besar kami
    Trimakasih
    Wasalam

  40. Adi susanto

    ”ALHAMDULILLAAHI…AMIN.

  41. zainal arifin

    Assalamualaikum,,,,,,alhamdulillah suwun yooo luuuuuur,,,,,

  42. dyusuf18

    assalamualaikum,,mohon izin untuk membaca,,

  43. gunawan1234

    Mas.sy g bsa msk susah tlng di bantu imail udah bnar nma jg pi g bsa tlng mas mksh

  44. Moch BeNo

    numpang brossing

    Merajut ukhuwah melalui teknologi amaliyah (terapan).
    Oleh H. Moch Beno Hart*

    Kepada Ahli Bid’ah
    Assalamu’alaikum warahmatullah
    A’udzubillah, bismillah, alhamdulillah, washolatu wassalamu ‘ala rasulillah wa’ala alihi washohbihi wama walah.
    Ambillah air wudhu mulai dg baca syahadat kemudian istighfar.
    Pemilik Uswatun khasanah berkata ; “Tidak akan masuk surga seseorang yang ada kesombongan….…. Sombong adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia ”.
    Meski dengan terpaksa kita harus sepakat, semua jama’ah/ kelompok islam, pasti mendasari Al Qur’an dan Al Hadits, setidaknya menurut jama’ah tersebut. salafi/wahabi mendasari itu, NU, Muhammadiyah, MTA, Al Irsyad dan yang lainnya juga demikian.
    Sehingga kebenaran amaliyah sebagai suatu yang disepakati secara menyeluruh, nisbi ! Kebenaran amaliyah yang ada hanyalah pernyataan subyektifitas masing-masing kelompok. Pada fakta amaliyahnya terdapat perbedaan signifikan yang kontradiktif.
    Sebagai apresiasi dan upaya bersikap adil, maka semua benar menurut masing-masing sesuai kapasitasnya.
    Penulis pertegas ;
    salafi/wahabi, BENAR menurut orang salafi/wahabi.
    NU, BENAR menurut orang NU.
    Muhammadiyah, BENAR menurut orang Muhammadiyah.
    MTA, BENAR menurut Bapak Drs A. Sukino.
    Al Irsyad, BENAR menurut orang Al Irsyad.
    dan yg lainnya juga BENAR menurut mereka.
    Bersikap cerdas dan cermat melalui MIND STREAMnya.
    Kesimpulan arus pemikiran ada 3 ; .
    1. Pahala tidak bisa ditransfer kepada mayat, bahkan yang melakukan transfer adalah bid’ah, sesat dan masuk neraka (QHLow/Qur’an Hadis Low?).
    2. Pahala dapat ditransfer, bahkan kepada yang mentransfer maupun yang ditransfer mendapatkan pahala tersebut (Qmail/ Qur’an mail?).
    3. Tidak berpendapat kepada poin#1 juga poin#2.
    .
    Allah SWT Yang Maha Cerdas menurunkan islam dalam bentuk AlQur’an dan Al Hadits. Adalah sebuah keniscayaan, jika AlQur’an dan AsSunnah menjadi panduan yang sangat ilmiah/ canggih. Karena keduanya adalah produk dari Yang Maha Cerdas yakni Allah SWT .

    Manusia makhluq yang dhoif lagi dholim, membuat Internet . Internet dengan electronic mailnya dapat dikirimkan kesejumlah email address, mesikipun dikirimkan ke 2 atau 2000 bahkan sejuta email address, dengan menjangkau lintas bangsa, bahasa dan negara serta benua tanpa berkurang satu karakterpun (NO CORUPTION).
    Dari 3 arus pemikiran diatas, manakah yang kecanggihannya melampaui Internet(email) ?
    Terpuji, apabila merenungkannya sambil membaca surat AlFatihah, AnNaas, AlFalaq dan AlIkhlas agar Allah SWT membantu memahamkan kita kepada Sirathal mustaqiem dan Insan Rahmatan ‘alamien. Wallahu a’lam.

    Wassalamu’alaikum warahmatullah
    *Pemelihara Masjid Al Khalifah desa Pancurendang Ajb Bms Jateng
    *Pengangen pengejawentahan Rahmatan lil’alamin.
    *CP ; 085291907000

Silakan Komentar

Harus LOGIN Untuk Komentar.