May
21

AMALAN DI BULAN ROJAB (2)

01 Rajab 1433H ==> Si Pincang ==> IBADAH

Amalan puasa yang dobel dengan sholat

Yaitu puasa di hari Kamis awal bulan Rojab sehari lalu malamnya, yaitu malam Jum’at (waktunya antara magrib sampai isya’), mengerjakan sholat sunah 12 rokaat, yakni sholat sunah Rojab malam jum’at awal. Jadi waktunya sholat itu antara maghrib sampai isya’.

Bagaimana seandainya sholatnya belum selesai, namun sudah masuk waktu isya’?

Tidak apa-apa, teruskan saja, asal mulai mengerjakannya sebelum masuk waktu isya’ (ba’da maghrib).

Adapun cara sholatnya,

~   Tiap dua rokaat salam.

~   Tiap rokaat, bacaannya :

     1. Fatihah 1X,

     2. Surat Qul huwallohu ahad 3X,

     3.    Surat Alqodar (Inna anzalnahu …..dst) 3X.

~   Setelah salam, membaca :

1. Sholawat

     ALLOHUMMA SHOLLI ‘ALA MUHAMMADIN NABIYYIL UMMIYI WA ‘ALAA ALIHI WASALLAM.  70X.

2. Setelah membaca sholawat 70X lalu sujud, dan didalam sujud membaca tasbeh:

     SUBBUUHUN QUDDUUSUN ROBBIL MALAA-IKATI WAR RUH. 70X.

     ROBBIL MALAA-IKATInya boleh dibaca ROBBIL, boleh juga dibaca ROBBUL, terserah.

3. Setelah sujud atau setelah bangun dari sujud, lalu berdoa :

     ROBBIGHFIR WARHAM WATAJAAWAZ ‘AMMAA TA’LAMU FA INNAKA ANTAL ‘AZIIZUL A’DZOM. 70X.

4. Setelah membaca doa tersebut, terus sujud lagi, dan didalam sujud itu di isi dengan permohonan kepada Alloh, tidak boleh bangun dari sujud sebelum doanya selesai. Adapun mengenai permintaannya terserah sampean tapi jangan banyak-banyak, sebab kalau permintannya banyak atau semuanya diminta, mungkin misalnya setelah minta untuk dirinya sendiri lalu memintakan suami / istrinya, lalu memintakan cucunya dst, ya nanti tidak bangun-bangun dari sujud (tidak selesai-selesai). Dan jangan minta yang remeh-remeh, pilih saja yang dianggap perlu atau yang dianggap pokok.

Jadi sebelum memohon dipilih-pilih dahulu, pilih yang pokok, satu saja atau paling banyak dua, terserah sampean, saya tidak tahu. Nanti jangan-jangan ada yang minta supaya bulan ini dapat kredit dari bank, ini termasuk permintaan yang remeh. Pilihlah yang pokok, karena hanya setahun sekali.

Ini adalah amalan puasa di Kamis awal dan sholat di malam Jum’at awal, tidak bisa dipakai untuk kamis kedua atau kamis ketiga. Karenanya jangan sampai terlewatkan, kalau sampai terlewatkan maka menunggu satu tahun lagi.

Amalan ini sebenarnya khusus untuk permintaan, permintaan yang pokok. Dan perlunya amalan ini saya sampaikan karena mungkin saja ada yang mau mengamalkannya, seandainya ada yang tidak mau mengerjakannya, juga tidak apa-apa.

Melihat banyak macamnya amalan dibulan Rojab ini, mungkin diantara para pendengar ada yang hanya memilih mengerjakan amalan yang berat, sebagaimana amalan yang baru saja disampaikan, yakni puasa dihari Kamis awal bulan Rojab dan sholat dimalam Jum’at awal bulan Rojab, silahkan. Mungkin ada juga yang memilih amalan yang ringan-ringan saja, yakni memilih membaca tasbeh saja, tidak ikut mengerjakan puasa, silahkan.

Atau mungkin juga ada yang memilih puasanya, yakni puasa yang 3 hari, namun tidak ikut mengerjakan tasbeh, juga silahkan, monggo saja.

Seandainya ada yang memilih sholatnya saja (sebagaimana yang akan diterangkan tulisan selanjutnya), juga boleh…

BERSAMBUNG..


1 comment


One Response to “AMALAN DI BULAN ROJAB (2)”

  1. wijianto

    terima kasih atas informasinya, untuk niat sholat sunahnya bagaimana?

Silakan Komentar

Harus LOGIN Untuk Komentar.